BADRI: ASA GREEN Juara I Program SATU Indonesia Award 2017

IMG-20171002-WA0010

IMG-20171002-WA0011

IMG-20171002-WA0012Sukamulia – Tidak pernah diduga jika ASA GREEN bisa mendapatkan apresiasi dari Program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Award 2017 yang kemudian dikenal dengan singkatan SIA yang diselenggarakan oleh PT Astra Internasional Tbk. Pencipta ASA GREEN (Badri) yang juga merupakan pengelola KM. Pohgading Timur itu mendapatkan informasi mengenai perolehan apresiasi tersebut via telphon, dimana ia dihubungi oleh Anita yang meruapakan salah seorang panitia Program SIA yang ditugaskan pada bagian informasi dan publikasi program SIA 2017.

Jum’at, 29 September 2017, tepatnya pada sekitar pukul 14.00 wita, pencipta ASA GREEN (Badri) ditelphon oleh Anita yang mengaku sebagai panitia SIA Tahun 2017 yang bertugas sebagai juru Informasi dan Publikasi program SIA 2017. Anita dan saudara Badri berkomunikasi via handpone sekitar satu menit tiga puluh tiga detik. Dalam komunikasi singkat itu, Anita memberitahukan kepada saudara Badri bahwa Pupuk Organik Fungsi Ganda “ASA GREEN” yang diciptakannya terpilih sebagai salah seorang pemenang Program SATU Indonesia Award 2017 dengan perolehan Juara I SIA 2017 Tingkat Provinsi.

Di dalam informasi singkat itu pula, Anita meminta saudara Badri untuk mengirimkan Poto Sampul dan Bagian Dalam Buku Rekening Bank, Poto Kartu Tnada Penduduk dan Nomor Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) via WhatsApp (WA) sebab hadiah atas apresiasi yang diperolehnya akan ditransper melalui rekening bank yang dimiliki oleh si pemenang. Perempuan yang bernama lengkap Anita Yuliana itu juga menyampaikan bahwa hadiah akan ditransper pada tanggal 18 Oktober 2017.

Informasi itu disambut gembira oleh saudara Badri sebab ia tidak pernah menyangka bahwa program yang diikutinya itu akan mendapatkan apreasiasi yang demikian. Setelah mendengarkan informasi tersebut, saudara Badri segera mengirimkan data yang diminta oleh Panitia SIA 2017 (Rekening, KTP dan NPWP) melalui WA dengan tujuan WA atas nama Anita Yuliana.

Terkait dengan program ini, awalnya saudara Badri mendapatkan informasi dari saudara Sahlim yang pernah mengikuti Program SIA 2014 pada bidang pendidikan dan setelah penilain dari dewan juri maka waktu itu saudara Sahlim tidak mendapatkan apresiasi alias gurugur dalam kompetisi.  Atas kegagalan itu maka pada awal tahun 2017, saudara Sahlim meminta saudara Badri untuk mengikuti Program SIA 2017 dengan mendaftarkan diri sebagai salah satau perserta SATU Indonesia Award 2017 pada bidang Teknologi Pertanian.

Setelah mencari informasi lengkap mengenai Program SATU Indonesia Award 2017 melalui internet maka saudara Badri-pun mendaftarkan diri sebagai salah seorang peserta SIA 2017. Ia mendaftarkan diri via email pada ahir bulan Maret 2017 dengan memasukkan diri sebagai peserta pada bidang Teknologi Pertanian dan saudara Badri mengajukan Pupuk Organik Fungsi Ganda “ASA GREEN” yang merupakan karyanya dalam bidang Teknologi Pertanian guna berjuang membantu para petani di daerahnya.

Pada awal bulan Mei 2017, saudara Badri diwawancarai oleh Panitia SATU Indonesia Award 2017 terkait dengan bidang yang telah diajukan pada saat pendaftaran. Wawancara itu dilakukan via handpone. Di dalam komunikasi itu, saudara badri diwawancarai mengenai latar belakang dibuatnya Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda “ASA GREEN”, jumlah orang yang ikut serta di dalam kegiatan pembuatan Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda “ASA GREEN”, manfaat yang dirasakan oleh masyarakat setelah dibuatnya Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda “ASA GREEN”, orang mana saja yang telah menggunakan produk tersebut dan berbagai hal yang terkait dengan Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda “ASA GREEN”.

Perlu diketahui bahwa Program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Award merupakan program yang dilaksanakan oleh PT Astra Internasional Tbk bagi generasi muda yang tak kenal lelah memberi manfaat bagi masyarakat di seluruh penjuru tanah air. Apresiasi diberikan kepada lima anak bangsa atas setiap perjuangan di bidang: Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Kesehatan, Teknologi dan satu Kelompok yang mewakili lima kategori tersebut. Program ini dilaksanakan sejak tahun 2010 dengan program untuk menyemarakkan semangat Sumpah Pemuda. Program penghargaan ini ditujukan untuk mencari anak-anak muda Indonesia yang kreatif serta mampu memberdayakan serta menggerakan masyarakat di daerah tempat tinggalnya.

Dengan demikian pada tahun 2017 ini, saudara Badri merupakan salah seorang pemuda Indonesia yang mendapatkan apresasi dari Program SIA 2017 atas kreatifitasnya dalam perjuangannya membantu para petani di daerahnya (Lombok Timur) dengan prodak buatannya bersama ASA Community Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya dan SMK NW Kokok Putik Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur yang berupa Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda “ASA GREEN” yang hingga saat ini telah digunakan oleh masyarakat petani yang ada di luar Lombok, seperti masyarakat tani di wilayah Tuban Jawa Timur dan petani di wilayah Berembai Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.

Meskipun belum bisa mendapatkan aprsiasi sebagai Juara I Tingkat Nasional pada Program SIA, namun apresiasi sebagai Juara I Tingkat Provinsi SIA 2017 ini kiranya cukup membanggakan bagi saudara Badri dan ASA Community beserta warga SAMK NW Kokok Putik Bilok Petung sebab apresiasi dari Program SIA 2017 yang didapatkan oleh ASA GREEN ini dapat mencuat nama dan eksistensi ASA GREEN sehingga ASA GREEN diharapkan bisa dikelola secara industri supaya dapat digunakan oleh masyarakat petani di seluruh Indonesia.

source: http://peristiwa.kampung-media.com/2017/09/30/asa-green-juara-i-program-satu-indonesia-award-2017-20270